• KOP SURAT

Selamat Datang di Website SMP SWASTA ABDI SEJATI PERDAGANGAN. Terima Kasih Atas Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP SWASTA ABDI SEJATI PERDAGANGAN

NPSN : 10202751

Jl.Jenderal Sudirman No.273 Kec.Bandar - Perdagangan, Simalungun


info@smpswasta-abdisejati.sch.id

TLP : 081260970622


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai sekolah kami?
Sangat Bagus
Bagus
Tidak Bagus
  Lihat
Jika ada yang mau ditanyakan, silahkan mengajukan pertanyaan melalui email
Ya, Terimakasih
Tidak, Terimakasih
  Lihat
Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 85413
Pengunjung : 34194
Hari ini : 48
Hits hari ini : 175
Member Online : 0
IP : 3.233.219.103
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

MERDEKA BELAJAR




Mengupas Penerapan Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan

Kemendikbudristek baru saja meluncurkan Kurikulum Merdeka pada Merdeka Belajar Episode Ke-15. Setelah sebelumnya membahas mengenai gambaran umum Kurikulum Merdeka, maka kali ini Direktorat SMP akan mengupas struktur kurikulum dan bentuk penerapan Kurikulum Merdeka. Penasaran kan bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Bentuk struktur kurikulum Merdeka terdiri dari kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. Alokasi jam pelajaran pada struktur kurikulum dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan. 

Tidak ada perubahan total jam pelajaran, hanya saja JP (jam pelajaran) untuk setiap mata pelajaran dialokasikan untuk dua kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jadi, jika dihitung JP kegiatan belajar rutin di kelas (intrakurikuler) saja, memang seolah-olah JP-nya berkurang dibandingkan dengan Kurikulum 2013. Namun, selisih jam pelajaran tersebut dialokasikan untuk projek penguatan profil Pelajar Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan dengan melatih peserta didik untuk menggali isu nyata di lingkungan sekitar dan berkolaborasi untuk memecahkan masalah tersebut. Oleh karena itu, alokasi waktu tersendiri sangat dibutuhkan guna memastikan projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat berjalan dengan baik. 

Untuk muatan lokal, satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat menambahkan muatan tambahan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik. Satuan pendidikan dan/atau daerah dapat mengelola kurikulum muatan lokal secara fleksibel. Muatan lokal dapat dilakukan melalui tiga metode yaitu dengan metode mengintegrasikan muatan lokal ke dalam mata pelajaran lain, mengintegrasikan muatan lokal ke tema proyek penguatan profil Pancasila, atau mengembangkan mata pelajaran khusus muatan lokal yang berdiri sendiri sebagai bagian dari program intrakurikuler.

Khusus jenjang SMP, mata pelajaran Informatika menjadi mata pelajaran wajib, sedangkan mata pelajaran Prakarya menjadi salah satu pilihan bersama mata pelajaran Seni (Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa, Seni Teater).  Mata pelajaran Informatika berisi berbagai kompetensi untuk menunjang keterampilan berpikir kritis dan sistematis guna menyelesaikan beragam permasalahan umum.

Berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang dapat memilih minimal 2 jenis keterampilan, pemilihan 1 jenis keterampilan dimaksudkan agar peserta didik lebih fokus mendalami 1 keterampilan secara utuh sehingga menjadi lulusan yang siap kerja. Sedangkan saat di kelas VII, peserta didik masih dapat memilih minimal 2 jenis keterampilan dari 20 jenis keterampilan yang ada.

Dalam kurikulum Merdeka ketuntasan hasil belajar tidak lagi diukur dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berupa nilai kuantitatif. Asesmen formatif pada pembelajaran dilakukan untuk mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran. 

Capaian belajar dapat diidentifikasi dengan mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran. Guru diberikan keleluasaan untuk menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik kompetensi pada tujuan pembelajaran dan aktivitas pembelajarannya. Selain itu, peserta didik dapat melanjutkan ke kelas di atasnya sesuai dengan potret ketercapaian tujuan pembelajaran.

Dukungan dari orang tua merupakan salah satu kunci keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, secara konkret orang tua bisa menjadi teman dan pendamping belajar bagi anak. Memahami kompetensi yang perlu dicapai anak pada fasenya. Orang tua dapat pula mempelajari buku-buku teks yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka melalui buku.kemdikbud.go.id. Kemendikbudristek terus berupaya untuk menghadirkan dan menyediakan buku-buku yang lebih asik, tidak terlalu padat, dan lebih banyak ilustrasi menarik dengan tema yang lebih menyentuh dan relevan.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait penerapan Kurikulum Merdeka, Sobat SMP dapat mengunduh dokumen pada tautan berikut atau dapat membuka laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/ atau lihat video ini.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :

Pengirim : Dinda Pasaribu -  [dindapasaribuhabeahan@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Sangat bagus


Pengirim : Jeremiah tampubolon -  [Jeremiatampubolon22@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Hebat sangat hebat


Pengirim : Nova siahaan -  [natasiahaan547@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Terimah kasih buk atas ajaran dan bimbimnganmu selama ini.


Pengirim : Elvin Sibuea -  [elvinsibuea@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Terimakasih bimbingan selama ini pak


Pengirim : Julius manalu -  [Juliusmanalumanalu@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Terimah kasih atas dampingan mu selama bapak ibu guru


Pengirim : Calvin Dunan Close Sinaga -  [Calvinclise@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Kapan ke sekolah lagi pak?
Kangen kaya dlu lagi pak.Yang akunya dipukul:v


Pengirim : Daniel cristian sirait -  [danielsirait375@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Terima kasih buguru


Pengirim : AdrianaSitorus -  [adrianaputrisitorus919@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Terima kasih banyak Bu guru/bapak guru


Pengirim : Okto pasaribu -  [Oktopasaribu34@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Terima kasih bapak ibu guru telah mengajari ku
Sampai tamat
Saya banyak berterima kasih kepada bapak ibu guru


Pengirim : Nicholas ButarButar -  [nicholasputrab@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

ok I get it I guess


Pengirim : Kristian manurung -  [kristianmanurung36@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Terimakasih BuGuruu


Pengirim : Maycel s manik -  [maycelsmanikm@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Kapan pengumuman ke lulusan :-)


Pengirim : Christian Simanjuntak -  [tianpardomuan@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Pengumuman kelulusan


Pengirim : Nadia Octavia Sianturi -  [nadiaoctaviasianturi@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021

Pengumuman kelulusan siswa kls IX TP 2020/2021


Pengirim : Gita Lucia Gultom -  [siantar695@gmail.com]  Tanggal : 04/06/2021



   Kembali ke Atas